30 October 2012

Fakta : Fobia yang Aneh !!



Seneng banget kalo anak – anak mengundang saya untuk bimbingan materi tambahan

*gaya banget dah…bahasanya diundang*,

artinya gak usah rogoh kocek buat makan siangpun siperut ini pasti bakal kenyang hahaha…
*geleng – geleng kepala*
apalagi kalau pelaksanaan bimbingannya di rumah siswa, alhasil dapat angpaou deh buat jajan… yippiyyy
*guru jaman sekarang gak ikhlasnya keliatan banget deh* *gubrak*.
Sama halnya dengan jadwal siang tadi, jauh – jauh hari mereka sudah mencarter jadwal saya hari ini untuk bimbingan di rumah salah satu siswa guna bimbingan materi persiapan lomba tingkat kecamatan yang akan segera dilaksanakan

*so sibuk banget deh gayanya*.

Setelah kurang lebih bimbingan selama 3 jam, akhirnya saat – saat yang paling ditunggupun datang, which is MAKAN MAKAN … tadaaaaaaaaaa

*perut yang keronconganpun langsung berteriak HWOREYYYY*.

Ketika makanan telah berjajar di depan mata, tiba – tiba siswi bernama azizah langsung loncat berlari keluar ruangan sambil menangis. Spontan kita semua menjadi kebingungan dan mengejarnya.

*what’s wrong with her…..!!*


Ketika saya bertanya kenapa, dengan malu – malu dia menjawab

“ pak… saya takut daging ayam !!!!”

Gyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…. Takut kok sama daging ayam.

Saya langsung tertawa terbahak – bahak dan teringat dengan teman saya yang takut nasi. Hm…… ada juga ya orang – orang seperti itu.

Masih mending gitu loh saya Cuma takut kucing.

*gubrak… gak jantan banget takut kucing kau dee* hahahahaaa…

Rasa ketakutan yang berlebihan terhadap suatu hal atau biasa disebut dengan fobia merupakan suatu hal yang sangat lumrah terjadi. Namun sangat aneh apabila fobia itu muncul pada hal – hal yang sangat tidak layak untuk ditakuti, seperti makanan ataupun benda mati yang biasa kita temui sehari hari, seperti nasi, buah rambutan dan lain – lain.

Beberapa teman saya memiliki fobia yang sangat aneh sekaligus lucu, ada yang takut nasi, takut balon, takut terasi, de el el. Mereka tidak segan – segan berteriak seperti orang gila atau bahkan sampai menangis meraung – raung apabila melihat benda – benda tersebut hahahahaa.. dan oleh karena itu, orang – orang yang demikian selalu menjadi bulan – bulanan target penjailan. *halah rancu banget bahasanya.

Entah si fobia ini bisa digolongkan penyakit atau tidak, namun yang jelas penyebab terjadinya fobia sangat bervariasi. Bisa trauma yang mendalam, atau bawaan sedari kecil. Hm….. ada gak yah obat untuk si fobia ini.

Saya sendiri memiliki fobia terhadap kucing dan kecoa, meskipun masih dalam tingkatan yang dapat ditahan. Artinya tidak seperti mereka yang benar – benar takut setengah mati bahkan hanya ketika melihat saja. 

“saya jijik banget kalo ngeliat kecoa dan akan langsung menggigil apabila melihat si antenanya bergerak – gerak”

“saya takut kucing karena waktu kecil pernah dicakar.. dan sejak saaat itulah saya mendeklarasikan bahwa dia adalah musuh terbesar saya… *mengacungkan jari tengah*…” hahahahahaaaaa…

Berikut ini beberapa fobia aneh yang benar – benar ada di sekeliling kita :

agoraphobia - takut pada lapangan

bibliophobia - takut pada buku

cenophobia — takut akan ruangan yang kosong

claustrophobia - takut akan naik lift

dendrophobia - takut pada pohon

felinophobia - takut akan kucing *penyakit saya nih yang ini*

genuphobia - takut akan lutut *parah banget dah yang satu ini.. sumpah*

hydrophobia — ketakutan akan air

panophobia - takut akan segalanya *kasian banget dah orang yang seperti ini*

ranidaphobia - takut pada katak

schlionophobia - takut pada sekolah *orang ini pasti akan langsung sembuh dari fobianya apabila saya yang jadi gurunya* *getok* *narsis*

xanthophobia - ketakutan pada warna kuning

arachnophobia - ketakutan pada laba-laba *kakak saya nih*

lachanophobia - ketakutan pada sayur-sayuran


de el el.
haduh…. Pada aneh – aneh banget kan…..
jadi… kalau anda fobia apa ?????
salam fobia GeTiga.


*sumber Wikipedia
Lanjutkan Membaca Yuk....!!
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 9:26 PM

25 October 2012

Fakta : "JUS" Janda Usia Sekolah



Dapat ilmu yang berharga banget dari rapat gugus tadi siang. Meskipun agendanya membahas tentang kegiatan Pekan Olahraga Guru tingkat kabupaten, namun seperti biasa banyak ilmu yang terselip sedikit demi sedikit hasil dari obrolan ngaler ngidul sesama tenaga pengajar.

Sayang gak sempet foto – foto, karena selama rapat saya lebih banyak twitteran ketimbang merhatiin *getok*, daripada ngantuk terus ngorok ditengah rapat *gak lucu banget kan*.. hahahahaaaaaa lebih baik duduk dibelakang sambil onlain … hahaha… *akal bulus*.

Saya tertarik dengan pembukaan dari ketua gugus ranting wilayah saya, yang membahas seputar JUS. Eits, bukan Jus alpukat atau jus tomat kesukaan saya. Yang ini jus nya sangat berbahaya dan gak bisa dikonsumsi. JUS yang satu ini adalah kepanjangan dari Janda Usia Sekolah *omaygod…… !!*. ada gitu??? Semua peserta rapat langsung berkelakar.

Ternyata beliau yang baru saja menyelasikan pendidikan S2 nya menjadikan JUS atau Janda Usia Sekolah ini sebagai bahan tesis nya. Dengan senang hati beliau berbagi pengalaman dan ilmu hasil penelitiannya beberapa waktu lalu di sebuah daerah di kabupaten bandung *lupa deng nama tempatnya, maklum kan sambil twitteran dengerinnya* *getok* kepada kita semua dengan secara mendetail.

JUS atau janda usia sekolah ini merupakan fenomena baru didunia pendidikan yang benar – benar sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak sekarang bermunculan gadis berstatus janda diusia sekolah yang telusur punya telusur angkanya tidak tanggung – tanggung mencapai 70% dari populasi remaja sekolah di sebuah daerah di wilayah bandung yang sayang banget saya lupa namanya. Ngeri banget dengernya, belum lagi ditambah kasus Married by accident ( MBA ), atau Aborsi *geplak* *pingsan*. Dan memang hal seperti itu tidak hanya terjadi didareah yang disebutkan oleh ketua ranting saja, bahkan kejadian serupa sudah terjadi didaerah dimana saya tinggal. Murid saya sendiri sekarang sudah ada beberapa gelintir yang menjadi janda *ngeri banget gak tuh*, banyak banget yang memilih buat menikah daripada menamatkan pendidikan di SMA. *elus elus dada* *dadanya Madona* *adezigggggghhh*

Dan tidak menutup kemungkinan hal seperti demikianpun bisa terjadi tidak hanya didaerah saja, tetapi juga di kota – kota besar namun dengan angka yang masih sangat sedikit. Karena kata orang kota sih mereka paling anti nikah muda dengan berbagai macam problematikanya. Namun apabila difikir kembali, bagaimana dengan peradaban anak – anak bangsa kita beberapa puluh tahun kedepan apabila sekarang saja sudah seperti ini *mengernyitkan alis* *pasang muka serius*.

Mempunyai anak remaja dijaman sekarang memang sangatlah sulit, perhatian yang super extra harus diluangkan oleh orang tua guna membimbing anak – anak agar tidak terjerumus kedalam hal yang tidak – tidak. Satu hal yang mungkin bisa dilakukan guna menekan kemunculan JUS JUS dimasa yang akan datang. Yaitu dengan pembinaan agar tidak menikah muda khususnya pada usia sekolah. Karena pada usia labil seperti itu, masihlah belum cocok untuk membina hubungan serius yang membutuhkan kedewasaan dan tanggung jawab yang sangat berat. Apabila tidak kuat, ujung – ujungnya adalah Perceraian dan sama dengan lahirlah JUS atau Janda Usia Sekolah yang baru.


Let’s us think about it….!!


Bertambah lagi deh PR buat saya selaku tenaga pengajar.


Salam JUS GeTiga.




Lanjutkan Membaca Yuk....!!
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 9:34 AM

22 October 2012

Fakta : Perusakan EYD Oleh Bahasa Alay



Aduh…. Bahasa indonesia kita telah habis – habisan dirusak oleh bahasa Alay huy huy… !! Entah saya yang katro atau pertumbuhan bahasa alay yang terlalu pesat. *garuk garuk bokong*

Keseharian saya berada dilingkungan anak – anak ababil yang selalu mencoba hal baru dan mayoritas tingkat plagiatnya tinggi membuat saya kadang dibuat kewalahan dengan obrolan mereka yang super duper alay, apalagi kalau sudah di sms atau ceting. Mereka lebih aptudet dengan hal – hal yang berbau alay – isme. *plak apaan tuh* dan seolah tidak tahu situasi serta tidak bisa menyesuaikan diri sehingga secara tidak sadar mereka gunakan dalam bahasa sehari – hari bahkan ketika dalam situasi belajar mengajar yang resmi.

Saya hanya bisa nyengir ketika baca komen di facebook yang menggunakan kata alay yang tidak saya mengerti :


Ebuset, daripada dibilang katro, yudah saya Tanya – Tanya saja tentang bahasa alay yang lagi ngetrend sekarang ke masternya alay. Alhasil dapat kosakata baru deh didunia alay yang entah penting atau enggak buat kehidupan saya sehari – hari. Hahahaahahaha *nyengir* jadi kalo anak – anak disekolah ngomong pake bahasa alay, saya bisa ikut nimbrung dan gak melongo. Xixixixiiiiii..

Berikut ini beberapa bahasa alay baru yang saya kumpulkan dari masternya alay :

Akooh : Aku
Amaca : Ah masak?
Angenamu : Kangen kamu
Atit : Sakit
Atut : Takut
Binun : Bingung
Ca oong cih : Masa bohong sih?
Cemungudh : Semangat
Ciyus : Seriuss
Cungguh : Sungguh
Daboweh : Tidak boleh
Enelan : Beneran ?
Gudnyus : Good news
Kamooh : Kamu
Kiyim : Kirim
Lahacia : Rahasia
Makacih : Terima kasih
Macama : Sama-sama
Macapah : Sama siapa?
Miapah : Demi apa?
Puspa : Pusing
Sakinah : Sakit


Sebenernya masih buanyak banget banget banget banget …. *tak terhingga bangetnya* kata kata alay yang lain, namun takut terbawa alay beneran yudah segitu aza deh yang saya lampirkan *alasan* xixixixi… Mudah – mudahan berguna deh buat pemirsah yang lagi kebingungan dengan bahasa alay yang semakin menjamur. Tapi jangan alay beneran yah pemirsah.. hahahahahaa

Salam alay GeTiga.


YUUUUUUUUUUUUUUUUUkkk mAAAAAAAAAAAriiiieeeee… *amit amit*
Lanjutkan Membaca Yuk....!!
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 12:46 PM

21 October 2012

Kisah Nyata : Setujukah Anda Dengan Poligami ??



Setujukah Anda Dengan Poligami ??

Setiap wanita pasti akan menjawab “Tidak” berbanding terbalik dengan kaum adam yang pasti hampir semuanya akan mengiyakan, meskipun dibeberapa film ada yang mengisahkan lelaki yang enggan untuk berpoligami ketika sudah mengantongi sertifikat izin dari istrinya. Namun kehidupan ini bukanlah drama kawan, pada kenyataannya mungkin ada sebagian kecil saja lelaki seperti itu, namun saya yakin sebagian besarnya akan dengan senang hati untuk berpoligami.

“Kenapa sih harus ada poligami??”

Mungkin para kaum wanita akan berkata demikian, karena saya yakin mereka akan merasa sangat dirugikan dengan adanya poligami, kecuali mereka yang benar – benar ikhlas dan semata – mata mengharafkan keridhaan disisi Allah SWT. 

Kali ini saya akan mengangkat realita kecil dari kehidupan nyata tentang poligami yang benar – benar membuat dada saya sesak. Kisah nyata ini benar – benar ada dan mungkin saja terjadi di sekeliling anda semua.

Maha besar allah dengan segala kekuasaannya yang telah menciptakan segala sesuatu di dunia ini dengan tujuan dan manfaatnya masing – masing, tanpa ada satu hal kecilpun yang tidak memiliki arti. Begitu pula dengan hal yang dianggap tabu yaitu poligami. Kenapa dulu Nabi Muhammad SAW berpoligami, karena ingin memiliki sebanyak – banyaknya penerus agama Allah yang nantinya akan melanjutkan syiar islam. Namun itu adalah nabi, sangat mustahil bagi kita manusia biasa untuk menyamai sikap dan kepribadian rasulullah, bahkan hanya untuk mendekatinya saja akan terdengar sangat sulit. Menjadi pemimpin untuk satu orang istri saja pertanggung jawaban di akhiratnya akan sangat terasa berat, apalagi dua.


Mawar *disamarkan* juga tidak pernah rela apabila cinta suaminya harus dibagi dengan wanita lain, namun takdir berkata lain. Mau tidak mau dia harus rela suaminya berpoligami, mengingat kekurangan dalam dirinya yang tidak bisa memberikan keturunan. Pada awalnya suaminya enggan untuk berpoligami namun lama kelamaan dengan pemikiran yang matang akhirnya memutuskan untuk menikah lagi. Mawar sakit – sakitan, selain tidak bisa memberikan keturunan dia juga mengidap penyakit kangker rahim dan tidak bisa melaksakan kewajibannya sebagai istri dengan baik. Namun dia tetaplah wanita, rasa sakit dan penderitaan yang harus ditahannya ketika melihat suaminya tercinta bersama dengan wanita lain tidak tertahankan. Kadang ketegarannya selalu berubah menjadi tangisan dan perkataan yang tidak wajar,

“Rasanya akan lebih baik jika saya meninggal, saya sudah tidak bisa menjadi istri dan sekarang suami saya sudah menikah lagi. Lalu apa gunanya saya hidup….”

Teriris hati saya ketika mendengar cerita hidupnya yang menyayat – nyayat. 

Dibalik itu poligami adalah jalan terbaik yang harus ditempuh oleh keluarga mereka, namun disisi lain hati perempuan tidak bisa membohongi dirinya sendiri dengan segala rasa sakit yang harus ditelan.

Maha besar Allah dan hanya dialah yang Maha tahu di dunia ini. Kita hanyalah setitik raga penuh dosa yang tidak tahu apa – apa dan hanya mencoba menjalani hidup dengan sebaik – baiknya.

Mungkin poligami itu baik, namun sebaik – baiknya poligami adalah seburuk – buruknya nasib untuk perempuan.

Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekeliruan atas apa yang saya tulis, semata – mata itu adalah kebodohan saya.

Jadi bagaimana menurut anda tentang poligami ???

Salam Poligami GeTiga !!
Lanjutkan Membaca Yuk....!!
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 1:54 PM

18 October 2012

Fakta : Benarkah itu Tuyul ??



Anda pernah dengar yang namanya Tuyul, atau pernah nonton sinetron berjudul tuyul dan mbak yul. Hm…. Tokoh yang digambarkan dengan sosok anak kecil berkepala botak ini memang lekat sekali dengan yang namanya pencurian ataupun pemujaan. Konon kabarnya ada banyak orang yang karena ingin cepat kaya maka mereka memelihara tuyul dirumahnya. Hiiiyy atuuuttt…

Pas banget deh malam jum’at yang diiringi dengan gemericik hujan ini bila saya posting Fakta yang berbau mistis. Yaitu mengenai anak kecil bernama tuyul tersebut. Hum…… Kelas saya lama – lama bisa ganti nama nih.. jadi garagarahoror *jangan sampai deh*

Sebagian dari pemirsah mungkin ada yang percaya namun adapula yang tidak percaya dengan hal – hal seperti ini, namun kejadian ini memang benar – benar terjadi terlepas dari benar tidaknya sosok yang ada dalam kejadian heboh berikut adalah tuyul atau bukan. Semuanya saya kembalikan lagi kepada pemirsah semuanyah……..!!

Cerita ini terjadi kemarin malam, tepatnya malam kamis di perkampungan karang papak yang berada kurang lebih 800 meter dari bibir pantai arena bakti pelabuhan ratu, which is adalah tempat dimana nenek saya tinggal. Ketika peristiwa menggemparkan itu terjadi, saya memang tidak sedang ada di lokasi kejadian. Namun Kakak dan ibunda tercintalah yang dengan jelas mendengar langsung hebohnya masyarakat yang sedang mengejar ngejar sesosok anak kecil yang mereka teriaki “Tuyul”.

Waktu itu jarum jam sudah menunjukkan pukul 23:00, sementara kakak dan ibunda tercinta belum beranjak tertidur. Ketika tiba – tiba dari arah luar terdengar suara gaduh masyarakat yang berteriak – teriak tepat di samping rumah nenek. Karena penasaran si kakak yang sedang hamil muda itupun mulai memasang telinga tajam – tajam untuk menangkap gelombang sinyal agar terdengar semakin jelas *henpon kali ah*.

Segerombolan bapak – bapak dan pemuda yang tengah siskamling itu ternyata sedang mengejar – ngejar sesosok anak kecil yang tidak dikenal. Anak kecil yang tidak dikenal itu berjalan melewati pos siskamling dengan cara jalan yang aneh. Posisi tangannya rapat dipaha dan ketika berjalan tidak diayunkan layaknya orang biasa yang tengah berjalan. Serta dengan cara jalan yang tidak seperti biasanya melainkan jinjit kaki, kalo dalam bahasa sunda namanya jengke.

Tentu saja anak kecil berkeliaran selarut itu memberikan tanda Tanya besar pada mereka semua, ditambah anak itu sama sekali tidak ada yang mengenali. Kemudian merekapun berinisiatif memanggil anak itu untuk menanyakan mau kemana dan dengan siapa. Namun ketika mereka memanggil anak kecil itu dengan sebutan UJANG, dia tidak menoleh bahkan terus mempercepat jalannya. Melihat kejadian itu maka mereka semua langsung mengambil langkah seribu dan mengejar anak tersebut yang berjalan semakin cepat namun tetap dengan cara berjinjit dan tangan tidak berayun.

Sampai akhirnya anak itu menghilang di depan rumah yang berada tepat disamping rumah nenek saya. Spontan seluruh warga yang mengejar tadi berteriak “itu pasti tuyul, dan menghilangnya disini”. 

Sebelum sosok anak kecil tidak dikenal itu raib, ia berpapasan dengan pemilik rumah yang bernama #biiiippp *disamarkan*. Ketika masyarakat bertanya kepada sibapa dengan nama disensor tersebut, beliau menjawab seperti ini :

“barusan saya Tanya anak itu, tapi dia tidak menjawab dan masuk kedapur rumah itu!!”

Dia menunjuk ke arah rumah kecil milik kakek – kakek renta yang sehari – harinya kerja serabutan di sawah. Tidak seperti dia yang terkenal dengan kekayaannya namun tidak sibuk bekerja. Hm…….. *gossip hangat*

Sedikit demi sedikit masyarakatpun mulai berhamburan keluar rumah, dan masapun semakin banyak bergerombol dilapang yang tepat depan rumah nenek. Si kakak yang setengah mati menggigil ketakutan tidak berani keluar rumah dan hanya mendengarkan riuhnya masyarakat yang menyebut – nyebut nama tuyul berulang – ulang.

Menjelang pukul satu tengah malam, barulah masyarakat membubarkan diri dan menganggap kejadian malam itu sebagai misteri yang tak terungkapkan. Dan sampai hari ini, kabar tuyul itu menjadi buah bibir yang terus menyebar dari mulut kemulut bahkan ke perkampungan lain.

Hm.. terlepas dari benar tidaknya cerita tuyul tersebut. Marilah kita menyikapinya dengan bijaksana.

Salam Tuyul GeTiga.

Lanjutkan Membaca Yuk....!!
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 7:17 PM

17 October 2012

Fakta : Generasi Muda Mulai Asing Dengan Bahasa Daerah


Hari ini adalah hari ketiga Ulangan Tengah Semester dengan Mata Pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Daerah which is Bahasa Sunda. Eniwey busway, Suasana kelas yang tadinya gaduh seketika langsung CEPPPPPP hening manakala kertas ulangan Bahasa Inggris telah dibagikan, ibarat segerombolan anak ayam yang berisik ketika lapar lalu dikasih makan sama pemiliknya*kata orang sih gitu*, dengan antusias mereka mulai melahap satu demi satu soal - soal yang semalaman saya susun. Hanya sebagian kecil siswa saja yang sesekali menanyakan bahasa indonesia dari kata yang mereka tidak mengerti, sebagian besar dengan khusyuknya mengerjakan tanpa tengok kanan kiri. *hm... apa saya bikin soalnya terlalu mudah ya.....!!*
Setelah kurang lebih 30 menit, segelintir siswa sudah mulai tengok kanan kiri dan mengeluarkan suara gaduh, itu pertanda mereka sudah selesai dengan pekerjaannya. Dan kurang dari 1 jam, semua siswa sudah selesai dengan mata pelajaran yang pertama.
Berhubung ingin segera pulang, saya langsung membagikan kertas ulangan mata pelajaran yang kedua, yaitu bahasa sehari - hari kita semua yaitu Bahasa Sunda. Eng Ing Eng.... suara yang terdengar pertama kali ketika kertas soalan dibagikan adalah, "Aaaaaaaaaaaahhh.... Iiiiiiiiiihhh... Uuuuhhh" semuanya mengaduh dan mengeluh. Yang membuat saya terkejut adalah berpuluh - puluh pertanyaan terlontar dari hampir seluruh siswa tentang kata- kata yang tidak mereka mengerti.
HALOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOuuuuwwwwwww... tadi aja pas bahasa inggris pada bisa, nah ini giliran bahasa sendiri, bahasa sehari - hari pada gak tau.
Seketika itu saya termenung, ada apa dengan generasi muda saya ini, apakah materi bahasa sunda yang saya berikan selama ini kurang cukup untuk mereka. Padahal alokasi waktu untuk mata pelajaran Bahasa inggris dan Bahasa Sunda itu sama, keduanya berada di bawah Mata Pelajaran Muatan Lokal yang hanya 4 jam pelajaran per minggunya. Namun miris sekali ketika mereka tidak tahu apa itu artinya Neda atau Kalintang, yang pada kenyataannya adalah bahasa daerah mereka sendiri yang sering mereka jumpai pada kehidupan sehari - hari.
Setelah saya bertapa selama beberapa jam di kantin sekolah, ternyata kecintaan generasi muda terhadap bahasa daerah telah semakin menipis, melihat orang tua sekarang lebih senang mengajarkan bahasa indonesia atau bahasa inggris sedari mereka kecil. Belum pernah saya mendengar anak yang kursus bahasa Sunda, padahal pengetahuan mereka semua termasuk saya sendiri tentang bahasa daerah saya ini masihlah sangat minim.


Bahasa, Kesenian, Kebudayaan, dan Peninggalan - peninggalan yang bersifat kedareahan lainnya sudah semakin tersisihkan seiring dengan Globalisasi.
Seharusnya kita bangga dengan bahasa daerah kita masing - masing, bukan dilupakan. Seandainya keadaan seperti ini dibiarkan begitu saja dan semakin berlarut - larut, bisa jadi beberapa puluh tahun kedepan Orang sunda tidak akan bisa bahasa sunda. *kemplang*
Dan mungkin saja ini tidak hanya terjadi di daerah saya....

Ini PR besar untuk saya sebagai tenaga pengajar.....!!
Lanjutkan Membaca Yuk....!!
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 2:14 PM

13 October 2012

Download dan Review : Anohana The Flower That We Saw That Day



Lama sekali semenjak saya menonton manga yang ceritanya benar – benar menyentuh dan membuat berllinangan air mata. Ya.. inilah dia manga yang mengangkat tema persahabatan dan kebersamaan yang wajib ditonton oleh pecinta manga.

Manga yang Dikemas dalam 2 keping DVD dan berjumlah 11 episode ini akan mengingatkan kita kepada teman – teman dimasa jaman – jaman Sekolah Dasar. Ketika bermain petak umpet, diam – diam suka satu sama lain, berperan sebagai super hero pembasmi kejahatan, atau bahkan menangkap hewan – hewan serangga di alam bebas.

ALUR CERITA

Menceritakan tentang enam sekawan yang bersahabat sejak kecil namun akhirnya mereka semua menjadi berjauhan satu sama lain setelah salah satu rekan mereka yang bernama “Menma” meninggal dunia akibat kecelakaan.


Sampai mereka menjelang lulus sekolah menengah atas, terjadi perubahan drastis dari 5 sekawan yang tersisa. Tak pernah saling menyapa, bahkan cenderung bermusuhan. Sampai pada suatu ketika, Arwah Menma menampakan diri pada salah seorang 5 sekawan tersebut “ Jintan “. Dia terus mengikuti jintan dan berkata tidak bisa pergi ke surga karena masih ada keinginannya di dunia yang belum terpenuhi, namun yang jadi masalah dia sendiri tidak tahu apa itu??.


Untuk membantu arwah menma pergi ke surga, jintan berusaha dengan sekuat tenaga mengumpulkan kembali puing – puing persahabatan dari ke 5 anggota yang tersisa guna mencari tahu, apa sebenarnya yang menjadi keinginan terpendam menma yang belum terlaksana.


Meskipun pada awalnya tidak ada seorangpun yang mempercayainya dan malah menganggap jintan gila, akhirnya mereka semua bekerja sama dan tanpa disengaja membangun kembali kebersamaan yang hilang ketika mereka kecil dulu. Menyusun kembali satu – demi satu kenangan indah semasa kecil berharaf ada petunjuk tentang keinginan menma yang belum terpenuhi.

Manga Anohana : The Flower That We Saw That Day atau memiliki judul jepang Ano Hi Mita Hana No Namae O Bokutachi Wa Mada Shiranai ini dikemas apik dengan dukungan grafis yang menurut saya Mantap banget. Soundtrack yang keren pula serta cerita yang benar – benar TE O PE.

Cast :

1. Jintan Yadomi


Sejak kecil Jintan menjadi ketua geng yang selalu memimpin misi apa yang akan mereka berenam lakukan. Tingkahnya yang konyol dan kadang ceroboh menjadikannya disukai oleh semua anggota, khususnya Anaru yang sejak kecil sudah menyukainya.

Sepeninggalnya Menma, jintan seolah menjadi pribadi yang penyendiri dan orang – orang menganggapnya gila atau stress karena sering berbicara sendiri ( padahal berbicara dengan menma ). Karena merasa dikucilkan oleh semua orang, Ia tidak lagi pergi kesekolah dan sama sekali tidak memiliki teman.

2. Meiko Menma Honma


Sosoknya yang periang dan manis membuat Jintan dan Yukiatsu jatuh hati kepadanya. Namun tidak ada seorangpun yang berani mengatakannya dan hanya memendamnya bahkan kadang memutar balikannya dengan berkata Menma kau sangat jelek sekali. Kebalikan dari itu dia menjadi dibenci oleh anaru dan Tsuruko yang menyukai jintan dan Yukiatsu.

Ia meninggal dunia karena terjerembab kedalam jurang ketika bermain bersama Poppo

3. Naruko Anaru Anjo


Anaru menyukai jintan sejak kecil, namun ia sadar kalau jintan menyukai menma.

Sepeninggal Menma ia bergabung bersama dengan 2 teman barunya yang Hobi belanja, tukang gossip, tukang main, dan gunta ganti pacar. Padahal anaru sama sekali tidak mempunyai kepribadian seperti itu, hanya untuk mendapatkan teman dan melepaskan diri dari bayang – bayang menma, ia memaksakan diri untuk bergaul dengan teman yang sama sekali tidak ia sukai.

4. Atsumu Yukiatsu Matsuyuki


Pria pintar yang dingin ini menyukai menma sejak kecil. Sepeninggal menma ia focus pada sekolah dan selalu bersama – sama dengan Tsuruko. Ketika jintan datang kembali kedalam kehidupannya dan membawa – bawa nama menma, terungkaplah sosok sebenarnya dari yukiatsu yang ternyat iri kepada jintan serta selalu dibayang – bayangi rasa takut dan penyesalan atas meninggalnya menma.

5. Chiriko Tsuruko Tsurumi


Gadis cantik yang hobi membaca ini sangat menyukai Yukiatsu namun tidak pernah berani untuk mengungkapkannya. Ia selalu bersama – sama denga Yukiatsu bahkan ketika sudah di Sekolah Menengah atas. Ia sempat iri kepada menma karena Yukiatsu menyukainya, dan ia juga sering bekerjasama dengan anaru untuk mengolok – olok menma.

6. Tetsudo Poppo Hisakawa


Ketika kecil ia memiliki badan yang kurus dan botak, namun ketika beranjak dewasa ia menjadi anggota dari 6 sekawan yang memiliki postur tubuh paling subur.

Sepeninggal menma ia berkelana keliling dunia untuk menjelajahi hal – hal baru, yang pada akhirnya diketahui alasan sebenarnya adalah ia ingin melupakan kenangan kematian menma. Karena dia adalah orang yang melihat dengan jelas kecelakaan menma.

Berikut penilaian Garagaraguru tentang manga Anohana : The Flower That We Saw That Day atau memiliki judul jepang Ano Hi Mita Hana No Namae O Bokutachi Wa Mada Shiranai:

Grafis 8,5
Soundtrack 9
Story 8
Ending 7

Untuk keseluruhan Garagaraguru memberikan peringkat 8,12 dari 10 bintang untuk manga Anohana : The Flower That We Saw That Day atau memiliki judul jepang Ano Hi Mita Hana No Namae O Bokutachi Wa Mada Shiranai. 

Sekalian deh bagi - bagi link download lagu Ost Anohana : The Flower That We Saw That Day atau memiliki judul jepang Ano Hi Mita Hana No Namae O Bokutachi Wa Mada Shiranai. 

Download Opening Aoi Shiori 
Dowload Closing Saori

Demikian Review Garagaraguru tentang Manga Anohana : The Flower That We Saw That Day atau memiliki judul jepang Ano Hi Mita Hana No Namae O Bokutachi Wa Mada Shiranai. Mohon maaf apabila banyak kekurangan ataupun kesalahan.

Salam Manga GeTiga.







Lanjutkan Membaca Yuk....!!
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 8:51 PM

12 October 2012

INFO : Ada Apa Dengan Smartfren






Sudah lama sekali saya menggunakan Smartfren sebagai jembatan untuk melintas dari dunia nyata ke dunia digital *prettttt.........*. Dari jaman dulu brand nya masih bermerk Smart sampe Smarfren yang berlogo Superhero telanjang berwarna merah Mr. Kwik. *hehehee .. dia pake baju gak sih sebenernya.. abaikan.... getok*
setelah kurang lebih 4 tahun bersama dengan si Smartfren, tentunya saya sudah hafal benar dengan baik buruknya Smartfren *udah kayak rumah tangga saja dah dirikuh dengan dia*.
Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang plus minus atau keunggulan dan kekurangannya smartfren, namun lebih ke arah sedikit kejanggalan yang saya temui berdasarkan pengalaman saya selama ini *eh baru baru ini deng... * hahaha..

kejanggalan ini sudah saya alami berulang - ulang dan saya melakukan percobaan dengan menggunakan 6 Produk Smartfren dalam waktu yang berbeda - beda, diantaranya 1 HP Modem Xtreme Smatfren ( produk awal ), 1 HP Modem Xtreme Smatfren ( produk baru ), 2 Modem ZTE Smartfren AC, serta 2 Modem Zte Smarfren CE (yang baru) *banyak bener deng.. hasil minjem ... hihihiii*

Masih di tempat yang sama, ruangan yang sama, sinyal yang sama ( stabil di bar 1x penuh dan Evdo 3 dari 4 ), namun paket yang berbeda.



pertama saya menggunakan Hp Modem Xtreme versi awal dengan menggunakan kartu perdana Smartfren Social *yang slogannya LEBIH NGANGA DARI LEDI GAGA* serta modem ZTE Smartfren AC ( bukan gratisan bundling pembelian ). keduanya menggunakan paket yang 5.000 untuk 1 hari dengan kecepatan sampai 3,1 Mbps. ketika keduanya digunakan sebagai modem diwaktu yang bersamaan ( di pc yang berlainan tentunya ) HP Modem Xtreme Smartfren melesat tanpa kendala sementara temannya ZTE AC lemot serta koneksinya terputus Untuk donwload HP Xtreme melesat di angka 99 Kbps namun ZTE AC diangka 15 Kbps *gubrak jauh amit*. karena penasaran kartu perdanapun ditukar namun yang ada keduanya menjadi lemot. hmmmmmmmmm Fakta 1

kedua kalinya saya menggunakan Hp Xtreme bersamaan dengan Modem ZTE CE ( yang baru dengan lampu indikator berwarna biru ) masih ditempat yang sama dengan sinyal yang sama pula *ya iyalah deee... getok*. Hp Xtreme menggunakan paket reguler bulanan seharga Rp. 45.000,- dengan kecepatan Up to 513 Kbps *kalo gak salah hehehee* sementara Modem ZTE CE masih ada paket gratisan internet selama 1 bulan bundling pembelian dengan kecepatan Up To 3,1 Mbps.
Ketika keduanya digunakan secara bersamaan, saya terkejut sekali. PC yang menggunakan HP Xtreme yang hanya dengan kecepatan up to 513 Kbps menang telak melawan ZTE CE yang menggunakan paket Up To 3,1 Mbps. malah lebih cepat HP Xtreme yang menggunakan perdana smartfren social. Untuk download dengan menggunakan Internet Download Manager, HP Xtreme maximal di angka 25 Kbps sementara ZTE CE di angka 10 Kbps *nah loooooooohh kenapa coba*. Fakta 2



Ada Apa Dengan Smartfren ya??? bahkan ketika posting artikel ini pun pertama saya menggunakan Modem ZTE dengan gratisan UP To 3,1 Mbps yang super lemot. kedua saya ganti dengan HP Xtreme dengan paketan Up To 513 Kbps dan jauh lebih cepat ketimbang si ZTE CE. Fakta 3

Kenapa ya?? apakah anda pernah mengalami hal serupa??
Sejauh ini saya sangat puas dengan Smarfren terutama paket - paketnya yang bersahabat dan sinyalnya yang kuat *di wilayah saya*. selain keanehan yang saya alami ini. Dan karena hal inilah saya jadi malas untuk ganti perdana, hihihiii.. melihat kondisi teman - teman yang sering mengeluh Smartfren nya lelet banget. Mungkin Smartfren tau kali yah saya pelanggan yang baik dan setia xixixixii...

"Percobaan ini saya lakukan di wilayah Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi Jawa Barat dengan kondisi sinyal 1x Full dan Evdo Full kadang turun di bar 3 dari 4 pada hari yang berlainan"

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini, tidak ada niat untuk memojokkan pihak manapun. Salam damai GeTiga.
Lanjutkan Membaca Yuk....!!
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 9:56 PM

10 October 2012

Tips : Bertransaksi ( jual Beli ) Aman di Internet


Bismillahirrahmanirrahim..
Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberikan Tips Berjual Beli Aman di Internet khususnya di Situs jual beli terbesar dan terlengkap di indonesia yaitu Tokobagus.Com. Tips berikut ini berdasarkan pengalaman saya setelah beberapa kali bertransaksi baik menjual maupun membeli di Tokobagus.com dan Alhamdulillah semuanya aman dan menyenangkan. *nyengir*
 Kadang ketakutan akan tertipu dan sebagainya menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat awam untuk bertransaksi di internet. Padahal pada kenyataannya apabila kita pintar - pintar dalam bertransaksi, maka insyaallah kita akan terhindar dari hal - hal yang tidak diinginkan.
Berikut ini Beberapa Contoh kasus penipuan yang sering atau pernah terjadi di internet / Tokobagus.com yang sejauh ini saya ketahui.
1. Uang telah dikirim, tapi barang tak kunjung datang.
2. Barang diterima, Namun tidak sesuai dengan kondisi barang yang diiklankan.
3. Yang paling parah, Perampokan.
Namun tidak enak kalau saya hanya melihat dari sisi minusnya, karena pada kenyataannya melakukan transaksi jual beli di internet ( Tokobagus.Com) juga memiliki kelebihan, diantaranya :
1. Bisa memilih barang yang sesuai dengan kantong tanpa perlu berjalan dari satu toko ke toko yang lainnya.
2. Menjual barang dengan standar harga yang kita Tentukan.

 Berikut ini beberapa Tips bertransaksi ( Jual maupun Beli ) aman di Internet ( Tokobagus.com ) versi GaraGaraGuru.

Bertransaksi ( Jual maupun Beli ) aman di Internet ( Tokobagus.com ) dengan online Payment ( pembayaran online )

1. Pilihlah situs yang memiliki reputasi baik dan memberikan jaminan / garansi, Seperti Lazada.com dll.
2. Sebelum melakukan online payment ( pembayaran online ) di situs jual beli gratis seperti Tokobagus.Com maupun Berniaga.com. Pastikan Bertransaksilah dengan user atau pengguna yang telah menjadi anggota terferivikasi atau verified member. bisa dilihat dikolom kanan tengah layar berikut ini seperti status keanggotaan saya. 

  

Karena User atau anggota yang verified member telah diferivikasi kebenaran alamatnya oleh Tokobagus.Com serta apabila ada penipuan atau ketidak sesuaian antara barang yang diiklankan dengan yang kita terima, kita bisa langsung mengklaim tuntutan kepada user yang bersangkutan melalui pihak tokobagus.com yang telah memiliki data lengkap tentang si orang tersebut.
 3. Pastikan barang yang akan kita beli sesuai dengan apa yang kita inginkan, kita bisa melalukan video call melalui Yahoo Messenger ataupun Skype dengan sipenjual.

Bertransaksi ( Jual maupun Beli ) aman di Internet ( Tokobagus.com ) dengan offline payment ( Ketemuan langsung / Kopi Darat ) 

1. Bertransaksilah di Siang hari, dan ditempat yang ramai. rekomendasi : Restoran siap saji, Mall, dll.
2. Ajak teman dekat minimal satu orang untuk menemani.
3. Cek barang seteliti mungkin dan pastikan tidak ada yang kurang sebelum deal.


Bagi saya pribadi, saya lebih senang bertransaksi di Tokobagus.Com dengan cara ketemu langsung / Offline payment. Selain kita bisa langsung cek kondisi barangnya, sekaligus menambah koneksi dan kenalan.
Demikian Tips Bertransaksi ( Jual Beli ) aman di Inernet khususnya Tokobagus.Com. semoga Tips Bertransaksi ( Jual Beli ) aman di Inernet khususnya Tokobagus.Com ini bisa bermanfaat bagi pemirsah. Amin.

Salam GeTiga.
Lanjutkan Membaca Yuk....!!
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 2:52 PM

08 October 2012

FAKTA : Kopi Luwak itu Kotoran Musang


Tahukan Anda Proses Pembuatan Kopi Luwak yang berada di pasaran sekarang ini, Ternyata eh ternyata dinamakan Kopi Luwak karena diambil dari Kotorannya Musang Kelapa alias Luwak *iyuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhh...........*
Saya Sebenarnya tidak terlalu suka minum kopi, Selain karena bisa menjadikan gigi kuning suka mules - mules si perut sayah. Namun pernah sekali ketika berkunjung ke rumah sodara jauh eh malah disuguhi Kopi Putih Luwak *gak usah sebut brand kali ya*. dan ternyata eh ternyata Nikmat banget deh ni si Kopi Luwak, entah karena baru pertama kali minum atau berhubung cuaca waktu itu tengah hujan lebat dan udara sangat dingin. i feel some kind of sensation *getok... lebay banget dah*.
Sejak saat itu saya mulai ketagihan minum Kopi Luwak dengan merk yang sama, sampai Bos saya *babeh* ngomong kayak gini..
" tau gak Kopi Luwak Itu Kotoran Musang...??"
beliau tau banget kalo saya ini orangnya jijian.
dengan sedikit tidak percaya saya ngetawain dan cuma jawab.. ah gak mungkin *dubbing from sunda language*
eh penasaran juga deh tentang kebenaran Kopi Luwak Itu Kotoran Musang, langsung deh Kembali ke leptop *gaya mas tukul* dan langsung ketik keyword di google " Kopi Luwak Itu Kotoran Musang ". dan ternyata eng ing eng... omagooooooooooooooooooooddd langsung mual - mual... it's true kalo Kopi Luwak Itu Kotoran Musang. *iyuuuuuuuuuuuuuuuuhhhh... norak banget ya gua baru tau*
ternyata nih si Kopi yang dijadikan Luwak itu adalah Kopi yang telah mengalami proses permentasi di dalam perut si Luwak atau Musang Kelapa lalu di perocotin deh bersama dengan kotorannya.
Yuk Telusuri cara membuatnya :
first
Kopi yang telah matang dipetik dari pohon
second
Kopi tersebut disuguhkan atou diberikan kepada sang Musang Kelapa alias Luwak  agar dimakan *ya iyalah de masa agar dipelototin doang, getok*
Third
dan inilah bagian yang paling saya tidak Suka. Kotoran si Musang Kelapa alias Luwak ini dipunguti dan inilah cikal bakalnya Kopi Luwak... *cubit saya.. ini bukan mimpi kan saya minum kotoran musang* *nangis*
Melalui berbagai tahapan pembersihan dan pengeringan barulah si kopi digiling dan kita makan. meskipun keluar dari kotorannya Musang Kelapa atau Luwak, namun bentuknya masih tetap utuh seperti kopi gak berubah seperti kotoran yang *iyuhhhh* ancur lebur.
Dan ternyata eh ternyata kopi Luwak ini juga banyak banget lo khasiatnya. Namun tetep saja deh intinya Kopi Luwak Itu Kotoran Musang.

jadi apakah anda masih minum kopi luwak... Saya sepertinya berhenti dulu untuk beberapa saat.
Masih Kaget Kopi Luwak Itu Kotoran Musang

pict from http://wahw33d.blogspot.com
Lanjutkan Membaca Yuk....!!
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 9:15 PM

06 October 2012

KUIL DEWI KWAN IM : VIHARA NAN HAI KWAN SE IM PU SA PELABUHAN RATU

 
Siapa sih yang tidak kenal dengan Pantai Pelabuhan Ratu yang terkenal dengan mitosnya yaitu Nyi Roro Kidul. Sampe-sampe artis sekelas Julia Perez pun ikut eksis pengen ketitisan Suzzana dan Nyi Roro Kidul *hmmm jupe jupe...*
Namun tidak banyak yang tahu kalau ternyata di pelabuhan ratu ada sebuah wihara yang sangat indah sekali, Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa itulah namanya, atau biasa dipanggil oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Kuil Dewi Kwan Im *bener gak ya nulisnya* hehehee


Tempatnya sangat indah sekali, menghadap kelaut lepas. Mata kita akan terasa lengang sekali melihat laut luas yang biru dan bersih serta angin sejuk yang sangat kencang.









Selain digunakan sebagai tempat ibadah, namun Kuil Dewi Kwan Im atau Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa ini juga kerap dijadikan sebagai tempat wisata oleh sebagian orang yang tengah berkunjung ke pelabuhan ratu. Namun karena lokasi Kuil Dewi Kwan Im atau Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa ini yang berada di daerah pantai loji yang agak jauh dari jalan raya dan belum banyak orang tahu, jadi masih belum terkespose.
Namun melihat dari hari ke hari semakin banyak orang yang datang berkunjung ke Kuil Dewi Kwan Im atau Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa ini, pemerintah daerah pun kelihatannya tidak menyia-nyiakan peluang ini dengan membuat portal dan menerapkan karcis masuk pada hari - hari libur. hmmmmmmmmm.... *ada-ada saja yah...*
Bagi pemirsah yang berencana maen ke Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi nih, jangan lupa untuk mampir ke Kuil Dewi Kwan Im atau Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa. di jamin gak bakalan nyesel deh. Di Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa juga menyediakan penginapan bagi anda yang ingin lebih berlama - lama menikmati eksotisnya pantai pelabuhan ratu. Namun siap - siap saja dengan wangi dupa yang menyengat hehehee....
Berikut ini beberapa foto dari Kuil Dewi Kwan Im atau Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa ketika saya berkunjung bersama rekan - rekan beberapa waktu yang lalu.
Gak apa - apa deh jadi judul postingan Kuil Dewi Kwan Im atau Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa kali ini ceritanya bagi - bagi foto. hehehe


salam GE3
Lanjutkan Membaca Yuk....!!
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 10:09 PM

03 October 2012

FAKTA : KEBIASAN REMAJA CURHAT CORAT CORET DI TEMPAT YANG TIDAK SEHARUSNYA


Entah sudah berapa ratus kali saya memberikan peringatan kepada anak - anak SMP agar tidak mencoret coret dinding ataupun bangku. Namun tetep aja pada bandel, sampe - sampe kepala ini Peniiiiing... ngeliat semakin kotor dan berantakannya dinding yang hampir di setiap kelas penuh dengan coretan - coretan ataupun sekedar gambar - gambar yang gak jelas. hmmmm dasar ababil *geleng geleng kepala*


Suatu pagi ketika suasana kelas masih lengang saya membaca sebuah coretan dinding di kelas VII yang ditulis dengan tinta merah dan huruf yang besar - besar.
" saha maneh.. ??
atuh kembae hak dong
da teu ngarugikeun maneh

kumaha aing we
jablay  kabeh kelas VIII mah
euweuh nu eucreug
cara maneh.

jadi gue harus bilang WAUUUUW gitu sambil ngapung

cinta mah bagong nyet!! "

saya translate ke bahasa indonesia yang baik dan benar ya pemirsah !!

" siapa kamu...??
biarin hak dong
kan enggak merugikan kamu ini ...

terserah gua donk..
kelas VIII semuanya jablay
gak ada yang bener
sama seperti elohhhhhhh...

jadi gue harus bilang WAUUUUW gitu sambil terbang...

cinta itu  bagong nyet..!!"

begitulah kira - kira kurang lebih...

hm... emang enggak bisa dipungkiri sih pemirsah.. tentunya semua orang pernah mengalami masa - masa ababil.. alay gak jelas gitu.... termasuk saya hihihihihihiiiiiiiiiiiiiii *nyengir..

berdasarkan riset dari Badan Meteorologi dan Geofsikis.. *lohhh... fakta remaja alay yang suka curhat di sembarang tempat bisa mengindikasikan kondisi kejiwaannya yang sedang mengalami masalah atau tekanan.
berikut ini beberapa tempat favorit yang suka dijadikan tempat curhat oleh remaja - remaja alay alay huy  huy... cekidot...........

1. Dinding
2. Meja Belajar
3. Anggota Badan
4. Seragam Sekolah

dan tentunya di pesbuuuuuuukk.. hihihihihihiii...

yahhhh namanya juga ababil alay alay huy huy.. jadi haraf dimaklum saja... hehehee..... 

yasudahlah pemirsah.. sampai disini saja dulu... udah gak jelas banget nihhh.. hahahaha...


Lanjutkan Membaca Yuk....!!
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 10:16 PM

01 October 2012

KABAR PENTING BANGET : TELKOMSEL TERLILIT HUTANG DAN DINYATAKAN PAILIT


Taukan Operator GSM yang baru - baru ini menggebrak pasar dengan Promo DANCE LIKE AGNES. yupttttt betul banget... anak emasnya Telkom yakni TELKOMSEL ternyata sekarang sedang di lilit masalah hutang piutang yang membelit dan belum terbayar meski telah jatuh tempo.
Omagoooooood.... are you kidding me .. operator sekelas SIMPATI .. SIMPATI,SIMPATI,SIMPATI,SIMPATI,SIMPATI,SIMPATI,SIMPATI,SIMPATI,SIMPATI,SIMPATI... #echo bisa PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, PAILIT, #echo


Meski telah diputuskan PAILLIT oleh Pengadilan Niaga Jakarta, namun katanya eh katanya pihak Telkomsel telah mengajukan kasasi. hmmmmmmmmmmmmmmm.....
kalau beneran sampe bangkrut nih TELKOMSEL gimana yah.. 
tapi untung saya gak pake telkomsel ... xixixixixiiii................ jadi ENGGAK NGEFEK TUH... wkwkwkkkk (*pisss
untuk info lebih lengkap silahkan brosing aza di google... gak mau posting hasil dari copyan punya tetangga. hehehehee...

salam GeTiga

pict from http://mujitrisno.multiply.com
Lanjutkan Membaca Yuk....!!
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 10:42 PM