10 October 2012

Tips : Bertransaksi ( jual Beli ) Aman di Internet

Share on :

Bismillahirrahmanirrahim..
Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberikan Tips Berjual Beli Aman di Internet khususnya di Situs jual beli terbesar dan terlengkap di indonesia yaitu Tokobagus.Com. Tips berikut ini berdasarkan pengalaman saya setelah beberapa kali bertransaksi baik menjual maupun membeli di Tokobagus.com dan Alhamdulillah semuanya aman dan menyenangkan. *nyengir*
 Kadang ketakutan akan tertipu dan sebagainya menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat awam untuk bertransaksi di internet. Padahal pada kenyataannya apabila kita pintar - pintar dalam bertransaksi, maka insyaallah kita akan terhindar dari hal - hal yang tidak diinginkan.
Berikut ini Beberapa Contoh kasus penipuan yang sering atau pernah terjadi di internet / Tokobagus.com yang sejauh ini saya ketahui.
1. Uang telah dikirim, tapi barang tak kunjung datang.
2. Barang diterima, Namun tidak sesuai dengan kondisi barang yang diiklankan.
3. Yang paling parah, Perampokan.
Namun tidak enak kalau saya hanya melihat dari sisi minusnya, karena pada kenyataannya melakukan transaksi jual beli di internet ( Tokobagus.Com) juga memiliki kelebihan, diantaranya :
1. Bisa memilih barang yang sesuai dengan kantong tanpa perlu berjalan dari satu toko ke toko yang lainnya.
2. Menjual barang dengan standar harga yang kita Tentukan.

 Berikut ini beberapa Tips bertransaksi ( Jual maupun Beli ) aman di Internet ( Tokobagus.com ) versi GaraGaraGuru.

Bertransaksi ( Jual maupun Beli ) aman di Internet ( Tokobagus.com ) dengan online Payment ( pembayaran online )

1. Pilihlah situs yang memiliki reputasi baik dan memberikan jaminan / garansi, Seperti Lazada.com dll.
2. Sebelum melakukan online payment ( pembayaran online ) di situs jual beli gratis seperti Tokobagus.Com maupun Berniaga.com. Pastikan Bertransaksilah dengan user atau pengguna yang telah menjadi anggota terferivikasi atau verified member. bisa dilihat dikolom kanan tengah layar berikut ini seperti status keanggotaan saya. 

  

Karena User atau anggota yang verified member telah diferivikasi kebenaran alamatnya oleh Tokobagus.Com serta apabila ada penipuan atau ketidak sesuaian antara barang yang diiklankan dengan yang kita terima, kita bisa langsung mengklaim tuntutan kepada user yang bersangkutan melalui pihak tokobagus.com yang telah memiliki data lengkap tentang si orang tersebut.
 3. Pastikan barang yang akan kita beli sesuai dengan apa yang kita inginkan, kita bisa melalukan video call melalui Yahoo Messenger ataupun Skype dengan sipenjual.

Bertransaksi ( Jual maupun Beli ) aman di Internet ( Tokobagus.com ) dengan offline payment ( Ketemuan langsung / Kopi Darat ) 

1. Bertransaksilah di Siang hari, dan ditempat yang ramai. rekomendasi : Restoran siap saji, Mall, dll.
2. Ajak teman dekat minimal satu orang untuk menemani.
3. Cek barang seteliti mungkin dan pastikan tidak ada yang kurang sebelum deal.


Bagi saya pribadi, saya lebih senang bertransaksi di Tokobagus.Com dengan cara ketemu langsung / Offline payment. Selain kita bisa langsung cek kondisi barangnya, sekaligus menambah koneksi dan kenalan.
Demikian Tips Bertransaksi ( Jual Beli ) aman di Inernet khususnya Tokobagus.Com. semoga Tips Bertransaksi ( Jual Beli ) aman di Inernet khususnya Tokobagus.Com ini bisa bermanfaat bagi pemirsah. Amin.

Salam GeTiga.
Judul: Tips : Bertransaksi ( jual Beli ) Aman di Internet
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Dede Yusuf Iskandar
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 2:52 PM

5 comments:

  1. bener banged nih tipsnya, saya lagi nyari nyari yang bisa nyetok kaos lewat online.

    ada tips buat yang jual beli di kaskus mas? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dikaskus sampai sejauh ini mungkin tidak ada istilah anggota yang telah di ferivikasi oleh pihak kaskus. jadi kita harus lebih berhati - hati.
      Tapi kita bisa menyiasatinya dengan cara melihat profil dari si User yang beriklan, terus telusuri dia bergabung di forum apa saja. dan apabila keanggotaannya telah terlihat aktif diberbagai forum, kemungkinan besar user terkait itu benar - benar beriklan.

      Terima kasih telah berkunjung... dan komentarnya...!!!

      Delete
  2. sejauh ini saya termasuk yang suka belanja online dan Alhamdulillah belum pernah kejadian dan mudah-mudahan jangan sampai kejadian ditipu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiinn !!!!!!

      Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar..!! ^_^ v

      Delete