07 January 2013

Penggantian Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013

Share on :
Penggantian Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013

Lagi dan lagi berbagai macam perbaikan terus gencar dilakukan oleh pemerintah guna memperbaiki keterpurukan kualitas pendidikan dinegara kita. Salah satunya adalah dengan menyempurnakan Kurikulum pembelajaran seiring dengan semakin pesatnya globalisasi. Tentu saja perubahan kurikulum yang datang dan pergi tersebut memiliki dampak positif dan negatif terhadap Tenaga Pengajar maupun Peserta didik yang menjadi titik akhir dari seluruh kebijakan yang pemerintah keluarkan. Dan sebagai seorang tenaga pengajar, yang bisa akang lakukan hanyalah berusaha memberikan yang terbaik dan menjalankan peranan akang dengan semaksimal mungkin, Amin..!!

Penggantian Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013

Pagi hari di awal semester genap tahun pelajaran 2012/2013 ini akang langsung dihadapkan dengan rapat sekolah yang diadakan secara masal dengan sekolah tetangga. Dan diantaranya adalah membahas seputar penggantian kurikulum 2006 dengan kurikulum 2013.
Terjadi banyak perubahan yang sangat signifikan dari berbagai aspek, terutama sistem pembelajaran, dan alokasi waktu. Dan meskipun kurikulum pembelajaran 2013 belum diterapkan pada tahun pelajaran ini, namun tentu saja ini menjadi tolak ukur baru bagi kita selaku tenaga pengajar untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan semaksimal mungkin.
Beberapa hal yang rencananya akan diterapkan pada penggantian kurikulum 2006 dengan kurikulum 2013 adalah :

Penggantian Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013

1. Sistem Pembelajaran

Berbeda dengan kurikulum 2006 yang menerapkan sistem pembelajaran tematik hanya untuk kelas bawah yakni I, II, dan III. Namun pada kurikulum 2013 ini sistem pembelajaran Tematik digunakan untuk semua kelas dari kelas I sampai dengan VI.

2. Mata Pelajaran

Berbeda dengan kurikulum 2006, dalam kurikulum 2013 ini membagi mata pelajaran menjadi dua bagian. Yakni kelompok A dan Kelompok B.
Mata pelajaran Kelompok A terdiri dari ;
a. Agama
b. PKn
c. Bahasa Indonesia
d. Matematika
Mata pelajaran Kelompok B terdiri dari ;
a. PJOK ( Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) dan
b. SBK ( Seni Budaya dan Keterampilan ).
Sementara mata pelajaran IPA dan IPS masih dalam proses pembahasan apakah masih akan digunakan di tingkat dasar atau akan dihilangkan. Hm.....

Penggantian Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013

3. Alokasi Waktu per Minggu.

berikut ini adalah ringkasannya :

Agama Kelas I - VI 4 JP/Minggu
PKn Kelas I 5 JP/Minggu dan Kelas II - VI 6 JP/Minggu
Bahasa Indonesia Kelas I - II 8 JP/Minggu dan Kelas III - VI 10 JP/Minggu
Matematika Kelas I 5 JP/Minggu dan Kelas II - VI 6 JP/Minggu
SBK Kelas I - III 4 JP/Minggu dan Kelas IV - VI 6 JP/Minggu
PJOK Kelas I - VI 4 JP/Minggu

Hm.. sebenarnya akang agak kurang setuju dengan alokasi waktu untuk mata pelajaran Matematika yang hanya 6 Jam Pelajaran per minggu. Sepertinya butuh alokasi waktu lebih panjang agar materi bisa tersampaikan lebih optimal.
Sementara terjadi perubahan yang sangat besar terhadap Mata Pelajaran PKn yang membengkak menjadi 6 Jam Pelajaran. Ketika ditanyakan perihal alasan perubahan tersebut, konon katanya penambahan Alokasi Waktu untuk mata pelajaran PKn adalah merupakan salah satu cara agar generasi muda tanah air lebih paham dengan nasionalisme dan lebih mencintai tanah airnya. Hm... Efektif gak yah ???? *garuk garuk*.

Penggantian Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013

Dan kabar baru juga berhembus seiring dengan adanya Wacana Penggantian Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013 yakni seputar pengadaan buku sumber untuk sekolah. Mengingat maraknya kasus Buku Pelajaran siswa yang tidak sesuai dengan kaidah pendidikan dan moral bangsa, maka pada Kurikulum 2013 ini konon katanya semua Buku Sumber akan langsung dipasok oleh pemerintah dan sekolah tidak diperkenankan untuk membeli buku pegangan dari toko buku ataupun tempat lainnya. Nah lo... kasian donk toko buku bakalan terancam .. hehehehee *getok*

Dan meskipun Penggantian Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013 ini baru sekedar wacana dan belum direalisasikan. Namun alangkah baiknya kita untuk mengetahui dan bersiap - siap dengan segala bentuk perubahan yang akan terjadi. Rencananya Kurikulum 2013 ini akan mulai diterapkan terhitung tahun pembelajaran 2013 / 2014.

Penggantian Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013

Yah kita lihat saja apakah Penggantian Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013 akan membawa kabar baik untuk kualitas pendidikan di negara kita ini. Mudah - mudahan saja.... Amiiiinnn..

Gambar dari Google



Judul: Penggantian Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Dede Yusuf Iskandar
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 3:29 PM

15 comments:

  1. Replies
    1. Sebenernya bisa jadi lebih sederhana !!!

      Namun entah karena siapa menjadi terlihat ribett !!

      Salam Kenal !!

      Delete
  2. Apa pun namanya, kurikulum hanya sebuah alat, bukan target..dengan segala kemampuan sekolah , alat (kurikulum) tersebut dapat di cerna dan di modifikasi sesuai dengan kebutuhan sekolah dan stake holder....
    yang jelas bagai mana kita mengolah kurikulum itu agar menjadi alat yang manjur untuk meningkatkan kualitas pendidikan negara ini...dan yg paling utama, seorang pengajar harus setulus nurani, bukan karena honor, gaji dan sertifikasi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali ...

      ganti menteri ganti kurikulum.. ganti presiden ganti juga ..

      Budaya !!

      Delete
  3. semoga akan lebih baik yah.. bagemana kalo kurikulumnya nyontek negara-negara maju aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tujuan pemerintahan kita sekarang ini ya kearah sana !!

      namun apa daya tangan tak sampai ..

      Yang ada kualitas pendidikan kita di dunia adalah rengking 3 dari bawah ...

      Jauh di bawah malaysia dan bahkan masih bagusan vietnam sama thailand.. mengenaskan !!!!!

      Delete
  4. Nasib pelajaran TIK gimana ya? masihkah ada di kurikulum 2013

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya untuk sekolah dasar akan dihilangkan ..

      mengingat untuk tingkat SLTP pun wacananya TIK akan dihapus ... !!

      jadi Mata Pelajaran TIK hanya akan ditemukan di SLA ...

      Namun kita tunggu saja realisasinya tahun pelajaran 2013/2014 nanti..

      Apapun itu .. mudah-mudahan yang terbaik bagi generasi muda kita !!

      Delete
  5. PKn itu pelajaran yg membosankan sebetulnya.. hehehe.. Kalo udah gini harus pinter2 gurunya utk mengajarkan ke anak gimana caranya ilmunya nempel ke otak. Jd gak cuma sekedar hapalan tp gak lama kemudian nguap lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba... !!

      biasanya Pkn hanya ditemukan pada hari senin seusai upacara ..

      Namun kini PKn akan bertebaran dihari - hari lain ..

      Mudah2an Moral generasi muda kita menjadi lebih baik lagi kedepannya sesuai dengan apa yang jadi tujuan awal pemerintah..... !!!

      Delete
  6. semoga di ganti dengan yang lebih baik

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya, apa sih artinya kurikulum itu diganti?
    bukankah kurikulum hanya sebuah alat di negara ini? kalau secara benarnya kurikulum itu mati dan tidak dijalankan....
    nah, pertanyaannya.....
    bagai mana kita mengolah dan menggunakan kurikulum itu agar menjadi alat yang manjur untuk meningkatkan kualitas pendidikan negara ini...dan yg paling utama, seorang pengajar harus setulus nurani, seikhlas hati bukan karena honor, gaji dan sertifikasi..... atau yang lainnya. good luck kurikulum 2013

    ReplyDelete
  8. Sekolah itu kan intinya untuk mencari ilmu,bukan mencari nilai

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete