05 December 2012

Tradisi Kesalahan di Lembar Jawaban Ulangan Akhir Semester

Share on :

Pagi ini adalah hari pertama Ulangan Akhir Semester untuk tingkat Sekolah Dasar di Seluruh Indonesia. Meskipun sejak pukul setengah enam subuh hujan mengguyur kawasan caringin dan sekitarnya, namun alhamdulillah bangku kelas saya terlihat penuh dan hanya satu gelintir anak yang tidak masuk sekolah dikarenakan sakit *dimaklum dehhh*.
Terhambat oleh hujan lebat dan angin kencang, pagi ini saya tiba disekolah pukul 07:45 *paling telat*. Bergegas saya ambil naskah soal yang berada di ruang guru diseberang sekolah *pada kenyataannya adalah langgar milik masyarakat yang dipinjamkan*. Sembari berlari membungkukkan badan untuk menghindari guyuran air hujan agar tidak membasahi naskah yang sangat terbatas ini.
Huft... seperti biasa selalu saja ada naskah soal yang kurang dari tahun ketahun, terpaksa saya harus dengan ulet membujuk anak yang tidak mendapat lembaran naskah soal agar tidak kecewa dan pada akhirnya tidak mau mengikuti UAS *sabar dee sabar*.
Pukul 08:00 pun Ulangan Akhir Semester dimulai, sesuai dengan jadwal yang telah dibagikan, pagi itu adalah Mata Pelajaran Pai dan Bahasa Indonesia. Anak - anak seketika langsung hening manakala selembar kertas ajaib itu sampai ditangan mereka. Sesekali terlihat beberapa anak menengok catatan teman sebangkunya ataupun membuka buku catatan yang disimpan dibawah papan ujian. Dengan gaya KILLER, sayapun segera memukul meja dan berteriak "EHMMMMMM..........." dan voilla....... tak ada lagi pemandangan demikian dikelas saya... *waw... emezing*.. hehehe..
Tiba - tiba Bu Aas Nurasiah datang menghampiri saya dengan ekspresi wajah yang agak sedikit jengkel.
"Aduh.. ini lembar jawaban ngaco bangetttttt"
Sembari menyodorkan Kunci Jawaban naskah Ulangan Akhir Sekolah kehadapan saya.
Ternyata lembar jawaban yang diterima sama sekali tidak sesuai dengan soal - soal yang tertera di naskah Ulangan. Lalu sayapun bergegas melihat naskah soal milik kelas saya dan ternyata juga sama, begitupula kelas - kelas yang lain, semuanya hampir sama untuk mata pelajaran PAI Ngaco bin gak jelas bin ngelantur. 


Ajaibnya kesalahan seperti ini tidak hanya terjadi tahun ini saja, namun dari tahun ketahun dan selalu terjadi lagi terjadi lagi dan terjadi lagi.
Ada atau tidaknya kunci jawaban ini memang tidak terlalu berpengaruh bagi kami sebagai tenaga pengajar yang nantinya harus memeriksa satu - persatu hasil  Ulangan Akhir anak didik kami. Namun tanda tanya besar berkutat dibenak saya seputar kesalah kecil yang terus menerus berlangsung ini, apakah mereka tidak ada niatan untuk mengoreksi hal ini ?
Ada apa sebenarnya dengan orang yang berada dibelakang sistem pendidikan di Negara kita ini. Apakah mereka akan terus mengabaikan hal - hal kecil seperti ini.
Ini adalah merupakan potret suram dari kinerja sistem pemerintahan di Negara kita yang mengabaikan hal - hal sepele namun berarti seperti ini.

Mengutip pesan yang terdapat dalam iklan komersil Pepsodent
"Masalah kecilpun apabila tidak segera ditangani akan menjadi besar!!"

Hanya bisa menggeleng - gelengkan kepala untuk sementara waktu...!!


Judul: Tradisi Kesalahan di Lembar Jawaban Ulangan Akhir Semester
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Dede Yusuf Iskandar
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 5:45 PM

10 comments:

  1. semuanya hanya untuk dikorupsi..!

    ReplyDelete
  2. ngenes ya kalo kunci jawaban aja ada yg salah... kalo gurunya males, biasa jelek semua tuh nilai anak didiknya... :(

    ReplyDelete
  3. "jerawat kecilpun apabila tidak segera ditangani akan menjadi besar!!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya mba maya... rajin cuci muka.. biar gak makin besar jerawatnya.... *lohhhh* *getok palu 1000 ton* ixixixii..

      betul banget mba.. setujuhhh

      Delete
  4. Proyek besar pasti akan menyisakan masalah yang merugikan rakyat kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sudah - sudah ya seperti itu .....

      Inilah Negara kita !!!!

      Delete
  5. aneh juga ya kesalahan terulang bisa terus terjadi.. Untungnya guru2nya selalu melakukan cek & ricek ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. *garukgaruk* mirif acara infotainment ya.. hehehehee....

      Delete