25 October 2012

Fakta : "JUS" Janda Usia Sekolah

Share on :


Dapat ilmu yang berharga banget dari rapat gugus tadi siang. Meskipun agendanya membahas tentang kegiatan Pekan Olahraga Guru tingkat kabupaten, namun seperti biasa banyak ilmu yang terselip sedikit demi sedikit hasil dari obrolan ngaler ngidul sesama tenaga pengajar.

Sayang gak sempet foto – foto, karena selama rapat saya lebih banyak twitteran ketimbang merhatiin *getok*, daripada ngantuk terus ngorok ditengah rapat *gak lucu banget kan*.. hahahahaaaaaa lebih baik duduk dibelakang sambil onlain … hahaha… *akal bulus*.

Saya tertarik dengan pembukaan dari ketua gugus ranting wilayah saya, yang membahas seputar JUS. Eits, bukan Jus alpukat atau jus tomat kesukaan saya. Yang ini jus nya sangat berbahaya dan gak bisa dikonsumsi. JUS yang satu ini adalah kepanjangan dari Janda Usia Sekolah *omaygod…… !!*. ada gitu??? Semua peserta rapat langsung berkelakar.

Ternyata beliau yang baru saja menyelasikan pendidikan S2 nya menjadikan JUS atau Janda Usia Sekolah ini sebagai bahan tesis nya. Dengan senang hati beliau berbagi pengalaman dan ilmu hasil penelitiannya beberapa waktu lalu di sebuah daerah di kabupaten bandung *lupa deng nama tempatnya, maklum kan sambil twitteran dengerinnya* *getok* kepada kita semua dengan secara mendetail.

JUS atau janda usia sekolah ini merupakan fenomena baru didunia pendidikan yang benar – benar sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak sekarang bermunculan gadis berstatus janda diusia sekolah yang telusur punya telusur angkanya tidak tanggung – tanggung mencapai 70% dari populasi remaja sekolah di sebuah daerah di wilayah bandung yang sayang banget saya lupa namanya. Ngeri banget dengernya, belum lagi ditambah kasus Married by accident ( MBA ), atau Aborsi *geplak* *pingsan*. Dan memang hal seperti itu tidak hanya terjadi didareah yang disebutkan oleh ketua ranting saja, bahkan kejadian serupa sudah terjadi didaerah dimana saya tinggal. Murid saya sendiri sekarang sudah ada beberapa gelintir yang menjadi janda *ngeri banget gak tuh*, banyak banget yang memilih buat menikah daripada menamatkan pendidikan di SMA. *elus elus dada* *dadanya Madona* *adezigggggghhh*

Dan tidak menutup kemungkinan hal seperti demikianpun bisa terjadi tidak hanya didaerah saja, tetapi juga di kota – kota besar namun dengan angka yang masih sangat sedikit. Karena kata orang kota sih mereka paling anti nikah muda dengan berbagai macam problematikanya. Namun apabila difikir kembali, bagaimana dengan peradaban anak – anak bangsa kita beberapa puluh tahun kedepan apabila sekarang saja sudah seperti ini *mengernyitkan alis* *pasang muka serius*.

Mempunyai anak remaja dijaman sekarang memang sangatlah sulit, perhatian yang super extra harus diluangkan oleh orang tua guna membimbing anak – anak agar tidak terjerumus kedalam hal yang tidak – tidak. Satu hal yang mungkin bisa dilakukan guna menekan kemunculan JUS JUS dimasa yang akan datang. Yaitu dengan pembinaan agar tidak menikah muda khususnya pada usia sekolah. Karena pada usia labil seperti itu, masihlah belum cocok untuk membina hubungan serius yang membutuhkan kedewasaan dan tanggung jawab yang sangat berat. Apabila tidak kuat, ujung – ujungnya adalah Perceraian dan sama dengan lahirlah JUS atau Janda Usia Sekolah yang baru.


Let’s us think about it….!!


Bertambah lagi deh PR buat saya selaku tenaga pengajar.


Salam JUS GeTiga.




Judul: Fakta : "JUS" Janda Usia Sekolah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Dede Yusuf Iskandar
Posted by: GaraGaraGuru GaraGaraGuru, Updated at: 9:34 AM

4 comments:

  1. Replies
    1. Bener banget mba... !! harus cepat - cepat ditangani sebelum menjadi semakin serius....!!!!

      Delete
  2. tulisannya keren mas, btw itu diatur lagi biar rapi gitu dong. Dienter dua kali biar gak penuh gitu tulisannya haha.. Pak Guru pasti bisa menulis postingan yg rapi...

    JUS? wow, anak jaman sekarang yah.. semoga gak semuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihiii... gitu ya mas ndop.. oke dahh.. terima kasih masukannya... * *berlinang air mata* di kasih saran oleh mas ndop yang sangat keren dan hebat.. *arigatooooooooooooooooooooooooo!!!*

      jangan sampai semuanya deh mas jadi JUS....!!

      Delete